Senin, 21 Februari 2011

Pengertian WWW, Web, Website, Webpage, Web Browser, dan Server Web


World Wide Web (biasa disingkat WWW) adalah salah satu dari sekian banyak layanan yang ada di internet yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi. Layanan ini paling banyak digunakan di internet untuk menyampaikan informasi karena sifatnya mendukung multimedia. Artinya informasi tidak hanya disampaikan melalui teks, tapi juga gambar, video dan suara. WWW dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.
Bagaimana WWW bekerja?
- Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman-halaman web
- Web page adalah file-file yang disimpan dalam komputer yang disebut dengan server-server web
- Komputer-komputer membaca web page disebut sebagai web client
- Web client menampilkan page dengan menggunakan aplikasi yang disebut dengan browser web (web browser)

Web pada awalnya merupakan ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hyperteks, terdiri dari link-link yang disediakan dalam dokumen web untuk menemukan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, ditampilkan melalui browser.
Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; website) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau sub domain di World Wide Web (WWW) di internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi “Akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk) bahkan menjadi “beranda", “halaman muka" atau laman web, dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website.
Webpage adalah Sekelompok data yang tampil di World Wide Web, informasi ini dapat dimunculkan dengan menyebutkan alamatnya yang dikenal dengan istilah URL (Uniform Resource Locator). Halaman web ini dibuat dalam suatu format standar HTML (Hypertext Mark-up Language) dimana dokumen HTML tersebut disimpan dalam suatu server. Sedangkan untuk menampilkan halaman tersebut digunakan Web Browser.

Web Browser atau internet browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di World Wide Web/web server melalui suatu protokol yang disebut http. Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URI) termasuk sebuah halaman web, gambar, video, atau bagian lain dari konten web. Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.

Server Web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, serta melayani permintaan dokumen web dari kliennya. Browser web berkomunikasi melalui jaringan dengan server web menggunakan HTTP. Browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan lain yang disediakn oleh server. Server memberikan dokumen atau layanannya jika tersedia dengan menggunakan protokol HTTP.

6 komentar:

  1. Menurut saya, Pengertian www adalah salah satu dasar utama dalam mengetahui maksud atau arti www. Pengertian www dapat dilacak dari istilah yang berasal dari bahasa inggris. www sendiri merupakan singkatan dari kata ‘world wide web’ yang jika di terjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi; jaringan dunia raya.

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya.

    Jasa Pembuatan Website Terbaik
    Kenali Manfaat Website untuk bisnis Anda

    BalasHapus
  3. Terima kasih untuk artikelnya, perkenalkan saya AMANDA MONICA (1922500162) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus