Selasa, 14 Desember 2010

Bandwidth, Baseband, Broadband dan Narrowband

Bandwidth
Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Trafik) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda. Bandwith merupakan suatu konsep umum didalam berbagai bidang termasuk bidang elektronik, bidang informasi, komunikasi radio, proses sinyal dan spectroscopy. Di dalam sistem komputer network dan berbagai jenis digital lainnya, definisi bandwith sering kali direferensikan sebagai bits per sekon, contohnya, jaringan network, definisi ini didasarkan pada Hartley’s Law, suatu chanel capacity suatu fisik dari komunikasi bekorelasi dengan bandwith dalam konsep Hertz, beberapa di definikan sebagai analog bandwith. Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).
Bandwidth yang dipakai oleh pengguna layanan operator internet umumnya adalah bandwidth internet yang dipakai secara bersama-sama(bandwidth sharing), semakin banyak jumlah pelanggan internet di suatu operator, semakin besar pula bandwidth sharing yang terjadi. Besarnya bandwidth yang diterima oleh pelanggan saat memakai layanan dari suatu operator internet akan tergantung kepada jumlah pengguna yang saat itu aktif menggunakan layanan internet secara bersamaan.
Baseband
Baseband yaitu sebuah type kanal transmisi dimana transmisi data hanya dapat dilakukan dalam satu kanal saja, hanya satu sinyal yang dapat dialirkan pada suatu saat. Baseband merupakan salah satu jenis Local Area Network, yang mana suatu pesan disalurkan dalam bentuk digital pada suatu saluran transmisi diantara mesin-mesin yang dihubungkan dengan kabel koaksial atau kabel twisted pair. 
Broadband
Arti istilah broadband dianggap berkaitan erat dengan pengertian
Frekuensi jalur lebar yang mampu memindahkan lebih banyak  data dan lebih tinggi dibandingkan dengan frekuensi yang lebih sempit (narrowband). Teknologi ini mampu menggabungkan lebih dari satu channel ke dalam transmisi komunikasi. TV kabel juga termasuk broadband karena ia membawa banyak saluran TV dalam satu  kabel.
Teknologi yang tergolong dalam jenis ini diantaranya adalah
sinyal televisi, televisi kabel, satelitSONET, dlsb. istilah ini juga dikenal dengan Wideband channel.
Pengertian Broadband network yg umumnya adalah: suatu service jaringan internet yg dapat menyediakan kebutuhan seperti streaming audio dan video, yang dapat
kita saksikan melalui komputer baik di rumah atau mobile dengan  notebook.
Dari sudut pandang teknis pengertian Broadband network itu adalah suatu saluran atau channel komunikasi data yg mendukung frekuensipita lebar (maksudnya BroadBand) sehingga dapat memuluskan jalannya data audio & video agar tidak terputus-putus penyampainnya sampai ke PC/notebook kita.
Narrowband
Narrowband adalah merupakan pita dengan saluran sempit. Dengan kemampuan kecil. Defenisi dari narrowband ini berbeda-beda dari berbagai industri. Narrowband sering kita pakai dengan perumpamaan suatu koneksi ke Internet melalui saluran telpon yang hanya mempunyai kecepatan koneksi terendah ke internet dengan modem Dial-Up sebesar 56 Kbps.
Contoh teknologi yang tergolong narrowband ini:
- T-1 pada 1,54 Mps melalui media fiber optik, infra merah, gelombang mikro atau dua pasang kabel.
- Jalur telepon analog pada 3000 Hz, pada POTS (Plain Old Telephone Service), atau infrastruktur telepon biasa. Untuk memanfaatkan data digital pada teknologi ini ditambahkan perangkat  modem, yang berfungsi untuk membawa data dari  komputer digital.
- BRI ISDN pada 144 kbps. Dua jalur untuk suara dan data, masing-masing pada 64 kbps. Satu jalur untk sinyal 16 kbps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar