Rabu, 20 Oktober 2010

Dampak New Media terhadap Media Konvensional

Internet mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan manusia, apalagi kini bermunculan new media yang canggih dan membuat aktivitas manusia semakin mudah dan mendapatkan informasi seputar dunia dengan cepat. Tidak dapat dipungkiri bahwa new media akan semakin mempengaruhi dan dibutuhkan manusia yang menginginkan semua serba instan. Media konvensional merupakan media yang sudah biasa digunakan, seperti televisi, radio dan koran.
Dengan adanya new media, mengakibatkan dampak buruk bagi media konvensional. Misalnya dengan adanya yahoo serta google dan sejenisnya yang memberikan informasi lebih cepat dibandingkan dengan media konvensional yang membuat media konvensional seperti koran dan majalah menjadi sedikit peminatnya. Dengan adanya e-mail maka surat sudah jarang digunakan, karena dengan mengirim kabar atau surat melalui e-mail lebih cepat sampai dibangdingkan dengan surat pos yang membutuhkan beberapa hari. Dengan adanya handphone yang canggih yang telah difasilitasi dengan tv dan radio maka orang kini enggan menggunakan tv atau radio yang bila dibawa akan sangat repot, dengan adanya handphone maka orang akan mudah menonton acara tv dan mendengarkan radio yang disukai dimana saja. Selain itu perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang tidak murah. Buku-buku dijual dengan harga mahal dan terkadang tidak lengkap. Dengan adanya Internet kita dapat mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak dan tentunya kita dapat membaca buku-buku tersebut dengan gratis.

Tidak selamanya new media berdampak buruk bagi yang lain, new media juga memberikan beberapa dampak positif bagi kehidupan masyarakat.
1. Internet sebagai media komunikasi. Kini banyak jejaring sosial yang bisa digunakan untuk menjalin pertemanan dan silaturahmi.
2. Internet sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email,para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi dan sebagai sumber pendidikan, dengan internet kita dapat mencari informasi-informasi terbaru yang akurat.
4. Menjadi sarana bisnis dalam bidang perdagangan (onlineshop).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar